Wednesday, June 25, 2014

Testimoni Andragogi

Andragogi adalah mata kuliah pilihan saya yang pertama kali. Pertama-tama sebelum saya memutuskan untuk mengambil mata kuliah pilihan Andragogi, saya mencoba mencari tahu tentang semua mata kuliah pilihan lainnya seperti bagaimana perkuliahannya, materi-materinya, cara penilaian dan lain-lain. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih mata kuliah Andragogi ini agar saya lebih mengerti dan memahami bagaimana proses pembelajaran orang dewasa yang sebenarnya dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saya.

Saat pertemuan mata kuliah Andragogi pertama kali, kami diperkenalkan kontrak kuliah yang menurut saya sangat menarik karena didalam mata kuliah ini kami tidak hanya belajar konsep tapi langsung terjun untuk mempraktekkannya. Selama pembelajaran satu semester ini saya tidak pernah menyesal mengambil mata kuliah Andragogi karena pada mata kuliah ini kami tidak dipersulit bahkan bisa dibilang kami sangat dipermudah oleh pendidik-pendidik mata kuliah Andragogi. Selain tidak banyak tugas kami juga melakukan performa kelompok kami dengan senang karena diberi feedback oleh dosen dan para peserta didik lainnya agar performa kami kedepannya di dalam perkuliahan maupun kehidupan menjadi lebih baik lagi. Saya mendapat banyak manfaat selama proses pembelajaran Andragogi dan saya jadi lebih mengetahui bagaimana hakikat pembelajaran orang dewasa yang sebenarnya, prinsip pendidikan orang dewasa, proses belajar mengajarnya, metode-metode pendidikan orang dewasa khususnya metode diskusi, kunjungan lapangan dan karyawisata, demonstrasi dan pelatihan. Saya juga mengerti alat bantu audiovisual yang bagaimana yang paling tepat untuk berbagai metode-metode pendidikan orang dewasa serta cara mengevaluasi pendidikan orang dewasa.

Pada saat setelah UTS perkuliahan Andragogi jadi lebih mengasyikkan karena disini performa kelompok dilaksanakan mulai dari performa kelompok diskusi, performa kelompok demonstrasi, performa kelompok kunjungan lapangan dan karyawisata serta performa kelompok pelatihan. Pada performa kelompok saya yaitu kelompok diskusi kami mengangkat isu atau topik mengenai kasus kekerasan seksual pada anak. Pada performa demonstrasi, mereka berdemonstrasi cara membuat martabak mini toping spesial. Pada performa kunjungan lapangan dan karyawisata kami pergi ke industri coklat rumahan Reachoc dan diberi kesempatan membuat coklat sendiri untuk dimakan ataupun diberikan ke orang tersayang. Performa terakhir yaitu performa pelatihan, setelah diberi penjelasan kami lalu berkompetisi antar kelompok untuk membuat alas piring dari sumpit bekas dan kelompok yang menang diberikan minuman sebagai hadiahnya.

Terima kasih kepada Dosen pendidik mata kuliah Andragogi yang memberikan saya pengalaman yang sangat berharga selama satu semester ini dan terima kasih kepada abang, kakak dan teman-teman atas kerjasamanya selama ini. Semoga kita dapat menerapkan pembelajaran Andragogi yang kita peroleh dan mendapat nilai yang terbaik.. Amin


No comments:

Post a Comment